5 Film Dokumenter Mengenai Perubahan Iklim

Nazava.com – Ada berbagai jenis film yang dapat mengisi waktu weekendmu. Salah satunya adalah film dokumenter menghadirkan dengan berbagai macam tema yang mengulas mengenai fakta dalam kehidupan manusia. Salah satu film dokumenter yang menarik untuk ditonton bertema lingkungan. Beberapa film yang bertema lingkungan yang berkaitan dengan perubahan iklim sehingga berdampak besar bagi kehidupan semua manusia bahkan makhluk hidup di bumi. Inilah beberapa rekomendasi untuk tontonan menarik: 

Chasing Ice (2012)

Chasing Ice adalah film dokumenter yang menceritakan mengenai fotografer National Geographic, bernama James Balog sedang melakukan perjalanan di Greenland, Islandia dan Alaska. Selama dia di Arctic, ada penemuaan permukaan es di Bumi pada ambang kritis dengan memperlihatkan perubahan es temporal sepanjang tahun.

Film ini sudah lama rilis sejak akhir tahun 2012 bahkan berhasil masuk pada ajang festival film. Selain itu, film Chasing Ice memenangkan nominasi Best Original Song pada ajang Academy Awards.

Cowspiracy: The Sustainability Secret (2014)

Film berjudul Cowspiracy: The Sustainability Secret menceritakan tentang dampak dari peternakan sapi kepada lingkungan. Dampak yang menyebabkan perubahan iklim, penggunaan air, penggundulan hutan dan polusi di lautan. Pembuatan film dokumenter yang sudah rilis sejak 26 Juni 2014 melibatkan para pakar serta investigasi permasalahan. 

Before The Flood (2016)

Before the Flood membahas mengenai perubahan iklim beserta upaya untuk menanganinya. Di dalam film ini memberikan cerita dampak dari perubahan iklim yang dihadapi oleh seluruh umat manusia. Film Before The Flood sempat premier di Toronto International Film Festival di tahun 2016 hingga resmi tayang di National Geographic pada 30 Oktober 2016. Leonardo Dicaprio berperan sebagai narator dalam film Before The Flood. 

An Inconvenient Sequel: Truth to Power (2017)

An Inconvenient Sequel: Truth to Power sudah rilis sejak 2017. Ini merupakan sekuel dari An Inconvenient Truth yang tayang pada 2006. Sebagai film dokumenter lingkungan isi ceritanya membahas mengenai upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintahan dalam menangani permasalahan lingkungan. 

Film Dokumenter sudah premier dalam ajang Sundance Film Festival tanggal 19 Januari 2017 dan resmi rilis pada 28 Juli 2017. An Inconvenient Sequel: Truth to Power Film berhasil meraih penghargaan Best Documentary dalam ajang British Academy Film Awards ke 71. 

Ice on Fire (2019)

Film dokumenter Ice on Fire mengeksplorasi mengenai gas metan di Arctic yang keluar sehingga meningkatnya gas metana di atmosfer. Bukan hanya itu, film mengulas mengenai berbagai upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak dari gas karbon yang ada di atmosfer. Film dokumenter sudah dirilis sejak 22 Mei 2019 dalam Cannes Film Festival dan resmi rilis di HBO pada 11 Juni 2019. Sama halnya dengan film Before the Flood, film ini diproduksi dan dinaratori oleh Leonardo DiCaprio.

Selamat menikmati rekomendasi film mengenai perubahan iklim ini bersama  keluarga dan teman-teman di hari weekend. Tapi. pastikan persediaan air minum di rumah harus selalu terjaga dengan filter air minum Nazava