Nazava Berhasil Bergabung dalam Komunitas B-Crop dengan Skor 132 Tertinggi Se-Indonesia!

Nazava.com – Nazava berhasil bergabung dalam komunitas korporasi BCorp yang luar biasa. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya kami memperoleh sertifikasi dengan skor luar biasa, yaitu 132!

Apa artinya B-corp?

B Corp merupakan penghargaan untuk perusahaan yang baik. Anggota B Corp berusaha melakukan hal yang benar untuk karyawan, pelanggan, dan dunia. Untuk mendapatkan gelar B Corp, kami harus melalui evaluasi yang serius. Kami harus menunjukkan bukti tentang seberapa baik Nazava memperlakukan pekerjanya, bagaimana kami mempengaruhi pelanggan dan lingkungan, serta seberapa transparan kami tentang praktik bisnis kami. Bahkan kami harus mengubah sebagian dari undang-undang bisnis kami untuk menunjukkan komitmen kami tidak akan goyah seiring berjalannya waktu. Ini bukan kesepakatan sekali jadi. Kami perlu melakukan sertifikasi ulang setiap tiga tahun untuk membuktikan bahwa kami masih menjalankan apa yang kami katakan.

Penjelasan skor kami sebesar 132.

Skor kami sebesar 132 dari 200 sangat baik. Sulit untuk membandingkan dengan perusahaan B, tetapi kami menempatkan diri kami pada 20% terbaik. Berikut adalah rincian skornya.

Tata Kelola (15,2/30)

Misi & Keterlibatan: 8,0/15
Etika & Transparansi: 7,2/15

Skor tata kelola merupakan indikator tentang seberapa terlembagakannya isu lingkungan dan sosial di setiap tingkat pengambilan keputusan. Misalnya, apakah isu lingkungan merupakan bagian dari penilaian kinerja pekerjaan? Apakah kinerja sosial merupakan agenda tetap dalam rapat Dewan Direksi? Nazava adalah perusahaan yang relatif kecil dan fokus utama kami adalah penjualan dan produksi. Karena proses produksi tidak memiliki dampak negatif terhadap masyarakat atau lingkungan, kami tidak sering membahas hal ini dalam rapat internal kami. Oleh karena itu, skor kami pada item ini relatif rendah.

Pekerja (21,5/40)

Keamanan Finansial: 10,0/20
Kesehatan & Keselamatan: 6,5/10
Pengembangan Karier: 5,0/10

Bagian pekerja membahas tentang seberapa baik kami memperlakukan karyawan kami, mulai dari gaji hingga keselamatan di tempat kerja serta pengembangan karier. Untuk perusahaan kecil yang hanya melakukan produksi terbatas, prosedur kesehatan dan keselamatan kami sudah sesuai. Pengembangan karier merupakan sesuatu yang menantang bagi kami. Kami ingin melihat lebih banyak peningkatan dalam tenaga kerja kami, tetapi sejauh ini kami belum terlalu berhasil dalam hal ini. Namun, Nazava baru saja merekrut seorang eksekutif SDM yang berdedikasi serta seorang pelatih, jadi kami berharap mereka dapat membantu karyawan kami untuk naik jabatan.

Mengenai keamanan finansial, skor kami relatif rendah karena selain upah minimum, karyawan B didorong untuk membayar upah yang layak. Namun, masalahnya adalah kami tidak dapat menentukan upah yang layak bagi karyawan kami tanpa mempekerjakan konsultan yang mahal, jadi kami memutuskan untuk tidak mengklaim bahwa kami membayar karyawan kami lebih dari upah yang layak.

Komunitas (15,5/40)

Nazava bersama Dapur Berkah (4)

Keanekaragaman & Inklusi: 7,5/20
Dampak Ekonomi: 5,0/10
Keterlibatan Masyarakat: 3,0/10

Skor kami pada bagian komunitas relatif rendah. Di Jawa tempat kami berada, tidak ada kelompok minoritas yang perlu diberdayakan sehingga keberagaman bukanlah prioritas bagi kami. Karena kami berfokus pada penjualan filter air kami dengan harga serendah mungkin, kami tidak menyumbangkan uang untuk amal. Itu akan meningkatkan harga filter kami.


Lingkungan (13,3/30)

Manajemen Lingkungan: 7,0/15
Konservasi Sumber Daya: 6,3/15

Karena kami adalah perusahaan kecil dengan hanya manufaktur ringan, kami tidak menggunakan banyak energi dan tidak menghasilkan air limbah atau asap. Karena alasan itu, kami juga tidak memiliki banyak kebijakan untuk mengurangi penggunaan energi atau air limbah. Itulah sebabnya kami mendapat skor kurang dari 50% pada item ini. Kami menetapkan beberapa sasaran yang ingin kami capai sebelum putaran verifikasi berikutnya yang mencakup pemantauan dan pengurangan aliran limbah serta pemantauan bulanan dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Pelanggan (66,3/100)

Pelanggan Nazava

Penatalayanan Pelanggan: 35,0/50
Melayani Populasi yang Kurang Terlayani: 31,3/50

Filter air Nazava memberdayakan pelanggan kami, yang sebagian besar adalah ibu-ibu untuk menyaring air mereka sendiri sehingga menjadi aman untuk diminum. Dengan melakukan hal itu, pelanggan kami mendapatkan kehidupan yang lebih sehat, uang yang aman, dan waktu yang berharga. Kami melacak dengan baik siapa yang kami jual dan kami melakukan survei pelanggan setiap tahun. Upaya ini tercermin dalam skor luar biasa yang dicapai Nazava untuk bagian sertifikasi ini.

Bagaimana kami melakukannya?

Proses ini memakan waktu sekitar 1,5 tahun. Kami sangat senang memiliki anggota tim yang lebih atau kurang berdedikasi untuk B-corp yaitu Steven Ramsey yang sayangnya telah meninggalkan Nazava. Kami akan selamanya berterima kasih kepada Steven; ini tidak akan mungkin terjadi tanpa Anda! Kami juga dibantu oleh konsultan pro-bono dari Danone untuk menunjukkan bagian yang paling menantang. Proses sertifikasi terdiri dari ratusan pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh poin. Contoh pertanyaannya adalah

Berapa jumlah minimum hari libur berbayar tahunan (termasuk hari libur) untuk karyawan penuh waktu?

0-15 hari kerja

16-22 hari kerja

23-29 hari kerja

30-35 hari kerja

36+ hari kerja

Untuk pertanyaan ini Anda dapat memperoleh maksimal satu poin (36+ hari). Hari libur berbayar di Nazava berada di kisaran tiga puluhan yang memberi kami 0,9 poin.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini relatif mudah, bagian yang sulit adalah mengumpulkan bukti untuk itu. Bukti untuk pertanyaan ini mencakup kontrak kerja dari Kenya & Indonesia (dua negara tempat Nazava memiliki karyawan) serta jumlah hari libur umum di kedua negara ini ditambah bukti bahwa kami tidak memaksa karyawan untuk bekerja pada hari libur umum. Ini tampaknya tidak terlalu rumit, tetapi bayangkan menjawab ratusan pertanyaan seperti ini. Itu usaha yang cukup besar!

Terkadang kami memutuskan untuk mengembangkan praktik dan pedoman baru. Misalnya, kami tidak memiliki petugas kerahasiaan dan perwakilan karyawan sebelum kami memulai proses B Corp. Karena ini sudah merupakan sesuatu yang kami pikir harus kami miliki, kami mengadakan pemilihan di antara staf untuk memilih perwakilan dan petugas kerahasiaan. Ini adalah contoh bagaimana proses tersebut menjadikan kami perusahaan yang lebih baik.

Dalam beberapa kasus, kami memutuskan untuk menunda tindakan hingga putaran verifikasi berikutnya. Contohnya adalah menetapkan target efisiensi energi yang jelas dan memantaunya setiap bulan. Semoga kedepannya, banyak yang bekerja sama dengan Nazava supaya setiap orang bisa mendapatkan air minum yang aman!